Cek Spesifikasi PC/Server Menggunakan Perintah Linux

Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengecek spesifikasi PC atau server di OS Linux menggunakan CLI (command line interfaces) 

 
   1. Cek Spesifikasi CPU/Processor

    Untuk mengecek CPU/processor kita dapat menggunakan perintah "lscpu" dan "cat /proc/cpuinfo". lscpu akan menampilkan informasi cpu/processor secara total dalam format yang mudah dibaca sedangkan perintah " cat /proc/cpuinfo" akan memberikan informasi lebih detail.   

Contoh output perintah lscpu :  


Contoh output perintah cat /proc/cpuinfo




    2. Mengecek RAM 


    Untuk mengecek spesifikasi RAM kita dapat menggunakan perintah "free -m" dan "cat /proc/meminfo",
free adalah perintah untuk menampilkan spesifikasi jumlah total memory fisik , memory swap dan buffer yang digunakan oleh kernel sedangkan perintah "cat /proc/meminfo" adalah perintah utuk menampilkan spesifikasi  memory secara detail. 

Contoh ouput perintah free -m




Contoh output perintah cat /proc/meminfo




3. Mengecek disk


    Untuk mengecek disk kita dapat mengggunakan perintah "df" . Perintah "df" (Disk Filestsystem) adah perintah yang digunakan untuk mengecek disk dan akan menampilkan penyimpanan yang tersedia.

Contoh output perintah df :




 
    4. Cek utilitas setiap perangkat


a) Cek utilitas CPU dan RAM

    untuk mengecek CPU dan RAM dapat menggunakan perintah top , perintah ini sangat berguna karena dapat menampilkan informasi tentang proses yang sedang dijalankan oleh sistem termasuk penggunaan memori, dan CPU . untuk penggunaanya cukup mudah kita hanya perlu mengetik perintah "htop" dan outputnya akan terlihat seperti dibawah ini dan untuk keluar cukup menekan q pada keyboard :



b) Cek utilitas disk

untuk mengecek disk dapat menggunakan perintah df , perintah ini dapat menampilkan jumlah disk yang terpakai dan tersedia pada sistem , disini saya mengunakan opsi df -h untuk menampilkan format yang mudah dibaca , contoh : 



petunjuk: 

#ketik man df untuk menampilkan beberapa opsi lainnya 



Demikian dari penjelasan saya , semoga ilmu yang saya share dapat bermanfaat bagi para pembaca













Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seputar Container Dalam Linux Redhat