Belajar Perintah Dasar Linux

 Kali ini saya akan menjelaskan kembali apa yang sudah pelajari tentang perintah dasar pada Linux


 1. More/Cat

Kedua perintah ini digunakan untuk membuka file serta menggabungkan isi file Contoh disini saya sudah membuat file yang sudah diedit dengan perintah nano , isi file tersebut bis dilihat di bawah ini






 untuk melihat isi file tersebut bisa menggunakan perintah "cat (nama file) / more (nama file)
 contoh  :


kedua printah ini juga dapat menggabungkan dua file contoh disini saya akan menggabungkan kedua file dengan perintah " cat test test 2 > test3 


bisa dilihat disini saya sudah menggabungkan kedua file tersebut kedalam file test3


2. grep, sort, pipline, uniq, cut, dan awk 

sebelum masuk ke perintahnya saya akan menjelaskan sedikit tentang pipline, pipline adalah lambang | operator yang memisahkan dua perintah berbeda. Contoh : cat test | uniq dari perintah di samping cat dan uniq adalah dua buah perintah yang berbeda di pisahkan oleh pipeline.

a) grep / egrep : Grep adalah sebuah perintah filter. Contohnya kita akan melakukan filter pada file “test3”. Dari file “test3” kita hanya membutuhkan informasi dari nama “azka". contoh perintah :     



Untuk multi filtering kita cukup menggunakan perintah egrep contoh : cat test3 | egrep                            “azka|mughni”


b) sort : Sort adalah perintah untuk mengurutkan abjad atau nomor. Dari file “test3” nama yang terdapat pada file tersebut tidak berurut.                                            

           
 Gunakan perintah sort untuk mengurutkannya. Perintah : cat test3 | sort



Sekarang kita sudah mendapatkan informasi yang berurutan sesuai abjad. Dan sekarang simpan informasi yang telah berurut tadi ke sebuah file “test4”. Dengan perintah : cat test3 sort > test4


c) uniq : Uniq juga sebuah filter dari informasi yang duplikat. contoh disini saya sudah mempunyai file yang berisi dupilkat 




Untuk menghilangkan informasi yang duplikat pada file “test5”, kita menggunakan perintah uniq dan perintah sort untuk mengurutkannya  contoh : cat  test 5 |sort|uniq


Sekarang kita sudah mendapatkan informasi yang valid dari file “data5” tersebut.   

Perintah uniq juga dapat menghitung jumlah informasi yang terdapat pada file “data5” tersebut.           contoh : cat test5 | sort | uniq –c   


Nomor paling depan adalah jumlah informasi yang terdapat pada file “test”. Disini terdapat angka “2” karena pada file “test” terdapat informasi yang duplikat.


d) cut : Perintah cut adalah perintah yang digunakan untuk mengambil kolom tertentu dari baris-baris masukannya, yang ditentukan pada option –c , contoh disini saya sudah membuat file yang sudah diedit berisi "ini hanyalah sebuah contoh" .








 sekarang saya coba dengan perintah : cat contoh|cut -c1-11






Hasil dari perintah di atas kita mendapatkan informasi “ini hanyalah”. Karena informasi “ini hanyalah” redapat pada range -c1-13. 



e) awk: awk adalah perintah yang memiliki banyak fungsi mulai dari menghitung hingga memanipulasi informasi. disini saya akan menjelaskan semua fungi dan contohnya
 
- awk untuk mengambil informasi , contoh pada file "test4" terdapat informasi nama dan angka yang dipisahkan oleh pipline .



dari informasi diatas saya ingin mendapatkan informasi nama saja dengan menggunakan perintah awk dengan option -F sebagai pemisah(delimeter)   pipline pada informasi contoh : "cat test4 |awk -F "|" '{print $1}'



Hasil dari perintah di atas, kita mendapatkan informasi nama. $1 itu berarti field pertama dari delimiter pipeline bagian depan. dan sebaliknya jika diganti menjadi $2 field kedua kita akan mendapatkan informasi angka 


- awk untuk menghitung , pada file "test5" terdapat isi sebagai berikut. 




disini saya akan mengitung nilai masing masing nama tersebut contoh dzaky 30  + 30 = 60 , kita gunakan perintah awk untuk menghitung nilai dari nama tersebut .
contoh : : cat test5 | awk -F"|" '{arr[$1]+=$2} END {for (i in arr) {print i"|"arr[i]}}' | sort


sekarang kita mendapatkan nilai akhir dari nama - nama tersebut


3. comm    
Comm dalah perintah untuk membandingkan dua file yang telah terurut baris demi baris. sebelum menggunakan perintah ini sebaiknya kita meng "sort" terlebih dahulu kedua file yang ingin kita commpare.

contoh disini saya sudah membuat file dan meng "sort" file1 dan file2 dan saya ingin mengcommpare kedua file ini.



 - comm -1 file1 file2 , disini saya menggunakan opsi -1


Jadi di opsi -1 ini kita mendapatkan dua field, field pertama adalah item yang tidak terdapat pada file1, sedangkan pada field kedua adalah item yang terdapat pada kedua file


-comm -2 file1 file2 , sekarang saya menggunkan opsi -2


Kebalikan dari opsi sebelumnya di opsi -2 ini pada field pertama kita mendapatkan item yang tidak terdapat pada file2, pada field kedua kita mendapatkan item yang terdapat di kedua file tersebut.


-comm -3 file 1 file2 


Di opsi -3 ini pada field pertama adalah item yang tidak terdapat pada file2, field kedua adalah item yang tidak terdapata pada file1.


-comm -12 file1 file2 


Jadi pada opsi -12 ini kita hanya mendapatkan satu field, opsi -12 ini artinya item yang uniq terdapat pada file1 dan file2.

-comm -13 file1 file2



Jadi pada opsi -13 ini artinya kita mendapatkan item uniq yang tidak ada pada file1.

-comm -23 file1 file2


Jadi pada opsi -23 ini menampilkan item uniq yang tidak terdapat pada file2.

2.For dan While. 

Dua perintah ini berfungsi untuk looping , tapi kedua perintah ini biasanya di save pada sebuah file program ber-ekstensi “.ksh” atau “.sh”.

contoh disini saya sudah membuat file contoh ber-ekstensi .sh dan memiliki isi sebagai berikut



untuk menjalankan file ber-ekstensi “ksh” atau “sh” ini kita harus memberikan hak akses terlebih dahulu. Gunakan perintah ls –lrt untuk mendapatkan info seperti ini “-rw-r--r--” yang artinya belum dapat hak akses untuk di eksekusi.. Gunakan chmod 777 contoh.sh kemudian cek kembali dengan perintah ls –lrt sekarang info didepan sudah berubah menjadi “-rwxrwxrwx” artinya file tersebut dapat di jalankan.

sebelum menggunakan chmod :


sesudah menggunakan chmod :



hasil eksekusi :

untuk eksekusi gunakan perintah ./


- Contoh lagi untuk for :





Hasil eksekusi :



- Contoh for dan if digabungkan 



Hasil eksekusi : 




contoh beberapa opsi - opsi pada perintah if dan while        

  • -eq = equal
  • -ne = not equal to
  • -lt = less than
  • -gt = greater than
  • -ge = greater than or equal to
- Contoh untuk while 

Hasil eksekusi :






Sekian dari penjelasan saya terimakasih




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seputar Container Dalam Linux Redhat